Minggu, 01 September 2013

Yang terbesar di Dunia! Hmmm…. Apa ya????

Putri dari seorang teman lama saya dari masa kuliah tengah menjalani tahun pertamanya di bangku SD. Gurunya bertanya kepada kelas yang berisi anak-anak berumur lima tahunan itu, “Apa yang paling besar di dunia?”

“Ayah saya” kata seorangadis kecil.

“Gajah”, kata seorang bocah yang baru-baru ini mengunjungi kebun binatang.

“Gunung” jawab yang lainnya.

Anak teman saya berkata, “Mata saya adalah hal yang paling besar di dunia.

Seluruh kelas hening sesaat, mereka mencoba memahami jawaban si gadis kecil, “Apa maksudmu?” Tanya sang guru, sama-sama dibuat bingung.

“Ya….,” si filsuf cilik mulai menerangkan, “mata saya bisa melihat ayah dan dapat melihat gajah. Mata saya pun dapat melihat gunung serta banyak hal  lainnya. Karena semua itu dapat masuk ke dalam mata saya, mata saya pastilah sesuatu yang paling besar di dunia!”

Kebijaksanaan bukanlah pembelajaran, tetapi melihat dengan jernih apa yang tidak dapat diajarkan.

Sebenarnya pikiran dia lah yang merupakan hal terbesar di dunia. Pikiran kita dapat melihat segala sesuatu yang dapat dilihat oleh mata, dan juga dapat melihat melampaui apa yang tampak dengan melalui imajinasi. Pikiran juga dapat mengetahui adanya suara, yang mana mata tidak dapat melihatnya, dan menyadari sentuhan, baik yang nyata maupun yang ciptaan impian. Pikiran kita pun dapat mengetahui apa yang berada diluar jangkauan pancaindra kita. Karena segala sesuatu yang dapat kita ketahui dapat masuk ke dalam pikiran kita, maka pikiran kita pastilah merupakan hal terbesar di dunia. PIKIRAN MEMUAT SEGALANYA


Sumber : Pikiran dan Realita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar